Senin, 29 Februari 2016

Contoh Bisnis Plan Cafe

BUSSINES PLAN
“CAFE DELAPAN”







Disusun oleh :
Nama                  : NOVITA KURNIAWATI
NIM                    : H 0813132






PROGAM STUDI AGRIBISNIS
FAKULTAS PERTANIAN
UNIVERSITAS SEBELAS MARET
SURAKARTA
2014
BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Nama dan Alamat Perusahaan
Nama Perusahaan              : Cafe Delapan
Alamat Perusahaan           : Jalan Yos Sudarso, Kecamatan Gombong
Kabupaten Kebumen
1.2  Nama dan Alamat Pemilik
Nama Pemilik                    : Novita Kurniawati
Alamat Pemilik                 : Jalan Saptamarga No.115 Sidayu
Kecamatan Gombong Kabupaten Kebumen
Nomor Telepon                 : 08123456789
1.3  Latar Belakang
Keadaan perekonomian di Indonesia tidak terlalu baik. Hal ini dikarenakan masih banyaknya pengangguran. Diperlukan masyarakat yang kreatif sehingga bisa menurunkan angka pengangguran di Indonesia dengan membuat usaha baru yang akan membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain. Kesibukan aktivitas sehari-hari membuat orang menjadi stress, sehingga membutuhkan tempat yang nyaman dan tenang agar pikiran kembali menjadi jernih. Muncullah sebuah ide dalam pikiran saya tentang mendirikan sebuah cafe yang sederhana namun nyaman, sehingga pelanggan tidak akan bosan untuk datang dan berkunjung. Cafe adalah sebuah tempat yang biasa dijadikan pilihan untuk refreshing bagi sebagian besar orang karena tempatnya mampu membuat pelanggan melupakan sejenak kesibukan dan masalah yang dihadapi.
Cafe ini tidak hanya didirikan untuk kalangan remaja saja namun juga untuk kalangan dewasa maupun anak-anak. Tempatnya yang klasik dan modern memberikan kesan yang berbeda dihati pengunjung sehingga mereka akan merasa nyaman dan betah berlama-lama di cafe. Pelanggan dapat menikmati berbagai jenis hidangan yang disajikan dengan harga terjangkau dan kualitasnya terjamin. Kualitas makanan yang bersih dan disukai semua kalangan dapat menarik pelanggan untuk mencoba cafe ini. Pendirian cafe didaerah yang sering dilalui oleh kendaraan akan membuat cafe tersebut cepat dikenal oleh banyak orang.
Cafe ini tidak hanya menyediakan minuman saja tetapi juga menyediakan makanan ringan yang juga didukung dengan adanya hot-spot yang lancar dan cepat sehingga akan menarik pengunjung untuk datang ke sini. Cafe ini juga menyediakan 2 ruang yaitu smoking area dan no smoking area, sehingga pengunjung akan merasa lebih nyaman. Dengan berbagai kelebihan yang ditawarkan, tentunya anda tidak perlu ragu untuk datang ke cafe ini. 
1.4  Tujuan
Tujuan dari pembuatan cafe itu sendiri adalah :
1.      Memberikan pelayanan kepada pengunjung melalui makanan dan minuman yang disajikan dengan kualitas yang baik, bersih dan dengan harga yang terjangkau
2.      Memuaskan pengunjung dengan pelayanan yang ramah dan fasilitas yang mendukung
3.      Membuka lapangan usaha bagi masyarakat sekitar cafe
4.      Sarana mengelola modal yang bertujuan untuk mencari keuntungan













BAB II
RANGKUMAN EKSEKUTIF
Usaha yang kami jalankan ini diberi nama Delapan Cafe. Usaha ini bergerak dibidang minuman dan makanan ringan. Di dalam Delapan Cafe ini tersedia berbagai macam minuman dan makanan ringan. Minuman-minuman tersebut beraneka ragam, mulai dari yang berbahan baku kopi maupun yang berbahan baku coklat. Bahan baku yang digunakan dalam produksi makanan dan minuman pada cafe ini mudah ditemukan di pasaran, sehingga ketersediaan dari bahan baku itu sangatlah terjamin. Seperti yang kita ketahui bahwa kopi dan coklat adalah minuman yang disukai dan diminati oleh banyak kalangan masyarakat. Selain itu makanan yang disajikan hanyalah makanan pengganjal, bukan merupakan makanan pokok yang mengenyangkan. Strategi pemasaran yang kamu gunakan adalah dengan bantuan media jejaring sosial dan beberapa jenis media lain. Alasan mengapa menggunakan bantuan media jejaring sosial karena jejaring sosial tersebut sangat mudah diakses oleh berbagai kalangan dan banyak masyarakat yang menggunakan media sosial tersebut seperti facebook, twitter dan BBM. Harga yang kami tawarkan relative murah sehingga terjangkau untuk semua kalangan. Selain menyediakan makanan dan minuman, kami juga menyediakan fasilitas free hot-spot yang dapat dinikmati oleh para pengunjung sehingga mereka akan betah berlama-lama di cafe ini. Delapan cafe menawarkan pengalaman yang baru kepada para pengunjung karena suasana cafe yang santai dan memberikan kesan nyaman. Peluang membuka cafe di pinggir jalan utama sangatlah besar. Hal ini dikarenakan banyak orang yang akan melewati cafe ini sehingga memudahkan masyarakat untuk lebih cepat mengetahui keberadaan Delapan Cafe tersebut. Pendirian cafe ini juga berada di lingkungan yang dekat dengan sekolahan maupun kampus. Kebanyakan kalangan remaja maupun kalangan dewasa menyukai tempat yang dapat digunakan untuk tongkrongan dan berkumpul bersama kawan-kawan, sehingga cafe ini sangat pas digunakan sebagai tempat nongkrong dan tempat untuk janjian, browsing maupun diskusi.


BAB III
VISI DAN MISI PERUSAHAAN
3.1 Visi Perusahaan
1.      Mengurangi pengangguran di daerah sekitar tempat pendirian cafe
2.      Menjadikan cafe ini sebagai cafe yang paling diminati dan disukai oleh semua konsumen
3.      Memberikan kesan yang baik dan berbeda kepada para pelanggan
4.      Mengembangkan usaha jauh lebih maju ke depannya dengan penjualan yang terus meningkat dan kontinue.
3.2 Misi Perusahaan
1.      Mengembangkan usaha cafe dengan menambah inovasi serta kreatifitas model minuman dan makanan yang disajikan
2.      Menciptakan inovasi baru dengan menyajikan menu makanan dan minuman yang berbeda dari biasanya
3.      Memberikan pelayanan yang ramah agar pelanggan menjadi nyaman.
















BAB IV
ANALISIS INDUSTRI
4.1 Perspektif Masa Depan Industi
Usaha cafe yang kami dirikan mempunyai prospek ke depan yang baik. Apabila bisnis tersebut dikelola dengan baik maka dapat memberikan keuntungan yang lumayan. Karena biasanya dalam hal bisnis makanan maupun minuman untung yang diberikan bisa lebih besar dari usaha-usaha lain. Selain itu bahan-bahan yang digunakan untuk dapat membuat makanan dan minuman yang disajikan mudah ditemukan dipasaran sehingga ketersediaan dari bahan baku yang digunakan terjamin.
4.2 Analisis Persaingan
Di daerah ini masih jarang ditemui cafe-cafe bahkan dapat dikatakan tidak ada sehingga hal ini dapat dijadikan pertimbangan untuk membuka usaha cafe di daerah tersebut. Kebanyakan tempat makan maupun tempat nongkrong di daerah tersebut jarang yang menyediakan menu minuman dengan bahan baku coklat, padahal minuman dengan bahan baku tersebut sangat disukai oleh semua kalangan. Tidak adanya pesaing membuat kami yakin untuk membangun cafe tersebut.
4.3 Ramalan-ramalan Mengenai Bisnis Cafe
Ramalan permintaan pasar menu makanan dan minuman yang disajikan pada tahun pertama konsisten tiap harinya, tetapi kami mentargetkan pada tahun kedua, omset penjualan bisa meningkat. Dengan penyajian dan pelayanan yang baik kami akan terus meningkatkan dan mengembangkan agar ada kenaikan permintaan.







BAB V
DESKRIPSI USAHA
5.1 Produk yang dihasilkan
Produk yang dihasilkan di cafe kami sangatlah beraneka ragam. Meskipun produk-produk yang dihasilkan banyak ditemui di sekitar kita, namun untuk daerah Gombong masih jarang ditemui sebuah cafe yang menyediakan menu berbahan dasar coklat. Makanan dan minuman yang kami sajikan mempunyai keunggulan tersendiri dari yang lain, hal ini dikarenakan adanya inovasi mengenai penampilan dari penyajian makanan dan minuman itu sendiri. Produk yang kami hasilkan dijamin kebersihannya dak kualitas dari rasa itu sendiri. Kami sangat memperhatikan kebersihan yang ada dalam cafe tersebut.
5.2 Jasa Pelayanan
Jasa pelayanan yang diberikan oleh cafe kami sangatlah beragam. Salah satunya adalah kami memberikan pelayanan hot-spot gratis bagi semua pengunjung. Pelayanan hot-spot gratis ini dapat dinikmati oleh semua pengunjung tanpa melihat besarnya jumlah makanan dan minuman yang dipesan. Selain itu kami juga menyediakan kamar mandi yang bersih dan mushola yang nyaman. Kenyamanan dan kepuasan pelanggan menjadi hal yang paling diperhatikan. dan kami juga memberikan pelayanan yang paling baik yang bisa kami lakukan dengan memperlakukan pengunjung cafe seperti raja.
5.3 Latar Belakang Identitas Pengusaha
Nama                                 : Novita Kurniawati
Nama Panggilan                : Vita
Jenis Kelamin                    : Perempuan
Tempat Lahir                     : Bogor
Tanggal Lahir                    : 08 November 1995
Agama                               : Islam
Alamat                               : Jl. Saptamarga No. 115 Sidayu Gombong
Nomor HP                         : 08123456789

Pendidikan                                    :
1.        TK Aisyah Sidayu
2.        SD Negeri 2 Sidayu
3.        SMP Negeri 2 Gombong
4.        SMA Negeri 1 Gombong
5.        Agribisnis Fakultas Pertanian UNS Angkatan 2013
Pengalaman Organisasi     :
1.        Anggota Bursa Mahasiswa Universitas Sebelas Maret
Demikian adalah daftar riwayat hidup dari pengusaha atau pemilik dari “Cafe Delapan”.





















BAB VI
RENCANA PRODUKSI / OPERASIONAL
6.1 Pemilihan Lokasi
Pemilihan lokasi yang tepat untuk dapat membuka usaha bisnis cafe adalah di tempat yang berada di pinggir jalan yang sering dilalui oleh banyak kendaraan. Oleh sebab itu saya memilih lokasi di Jalan Yos Sudarso yang sering dilalui oleh banyak kendaraan. Hal ini akan mempermudah dan mempercepat masyarakat sekitar mengetahui keberadaan cafe ini. Pemilihan lokasi tersebut sudah dianggap cukup strategis karena berada di sekitar sekolahan maupun kampus yang ada di daerah tersebut.
6.2 Proses Produksi
Proses produksi yang dilakukan disesuaikan dengan makanan dan minuman yang akan dibuat. Proses produksi dari masing-masing menu yang disajikan :
Black coffe yaitu coffe yang berwarna hitam dan cara membuatnya hanya dengan menambahkan bubuk kopi hitam dan gula ke dalam cangkir kemudian tinggal menuangkan air panas.
Cappucinno yaitu kopi yang dicampur susu dan krim. Cara penyajiannya bisa dalam keadaan panas maupun dingin. Untuk cappucinno itu sendiri warnanya lebih coklat.
Vanilla Latte yaitu kopi yang penyajiannya lebih banyak susunya dari pada kopinya sehingga rasanya lebih dominan ke susu dan warnanya lebih putih dari cappucinno.
Moccachino yaitu kopi yang cara penyajiannya ditambah dengan susu dan coklat sehingga rasanya lebih manis daripada black coffe.
Coklat yaitu jenis minuman yang penyajiannya hanya dengan menggunakan coklat. Minuman ini dapat disajikan dalam keadaan panas maupun dingin.
Coklat Caramel yaitu coklat yang penyajiannya ditambahkan dengan susu sehingga rasanya tidak coklat murni tetapi lebih manis dari pada coklat.
Coklat Float yaitu coklat yang penyajiannya dengan cara diblender terlebih dahulu sehingga harus disajikan dalam keadaan dingin kemudian ditambah float di atasnya agar lebih menarik.
Coklat Buah yaitu coklat yang penyajiannya ditambahkan dengan perasan buah sehingga akan ada rasa buah dalam minuman coklat tersebut.
Coklat Astor yaitu coklat yang penyajiannya hampir sama dengan coklat float namun hanya floatnya yang diganti menjadi astor. Selain itu dalam coklatnya itu sendiri akan dicampur dengan oreo sehingga ada butiran-butiran oreo dalam minuman tersebut.
Teh yaitu minuman yang menggunakan bahan baku teh yang dicampur dengan sedikit gula. Dan dalam penyajiannya dapat disajikan dengan es maupun tanpa es.
Teh Susu yaitu teh yang penyajiannya ditambahkan dengan susu sehingga akan menimbulkan rasa yang berbeda dari teh tersebut.
Lemon Tea yaitu teh yang dalam penyajiannya ditambahkan dengan perasan lemon. Rasanya teh akan menjadi sedikit lebih asam dari biasanya namun dapat memberikan kesegaran bagi pelanggan yang meminumnya.
Sirup yaitu minuman yang menggunakan sirup. Sirup ada banyak rasanya sehingga kami menyediakan beberapa jenis rasa agar pelanggan dapat memilih sendiri rasa sirup yang diinginkan. Untuk sirup itu sendiri dalam penyajiannya biasanya menggunakan es sehingga disajikan dalam keadaan dingin.
Es Timun yaitu minuman yang diberi parutan timun ditambah dengan sirup melon karena warnanya yang sama kemudian ditambah dengan es yang akan memberikan kesegaran yang luar biasa.
Jus adalah minuman yang dalam penyajiannya menggunakan buah yang diblender ditambahkan dengan sedikit gula dan susu derta es yang akan menambah rasa nikmat pada jus tersebut.
Kentang Goreng yaitu makanan yang bahan bakunya berasal dari kentang yang dipotong-potong kemudian diberi sedikit bumbu dan digoreng dalam minyak panas. Penyajian kentang itu sendiri dapat ditambahkan dengan saos.
Nugget yaitu makanan yang penyajiannya hanya dengan menggoreng nugget yang sudah jadi ditambah dengan saos dalam penyajiannya. Jadi disini nanti nuggetnya adalah nugget yang sudah jadi yang sudah dikemas dan yang tinggal goreng saja. Kami akan memilih jenis nugget dengan kualitas yang lumayan sehingga pelanggan tidak akan kecewa dan akan meras puas dengan hidangan yang disajikan.
Roti Bakar yaitu roti tawar yang penyajiannya dipanggang dalam sebuah alat panggang kemudian diolesi sedikit mentega dibagian luar dan untuk bagian dalam diolesi dengan selai atau susu sesuai dengan rasa yang diinginkan oleh pembeli.
Burger adalah roti yang di dalamnya berisi sayuran seperti tomat, daun bawang dan selada. Selain itu juga terdapat daging sapi yang sebelumnya sudah dipanaskan dan ditambah dengan saos serta mayonais yang akan menambah cita rasa dari burger itu sendiri.
Mie Goreng/ Mie Kuah adalah mie yang direbus kemudian dalam penyajiannya dapat ditambahkan dengan telur dan sayuran. Untuk mie goreng maka tidak menggunakan air dan untuk mie kuah maka penyajiannya menggunakan air. Dalam penyajian mi ini akan dibuat inovasi yang berbeda sehingga terlihat lebih menarik.
6.3 Keadaan Gedung dan Perlengkapannya
Keadaan gedung yang akan digunakan untuk mendirikan sebuah bisnis cafe ini masih layak pakai. Dan untuk menambah penampilan gedung yang lebih menarik lagi maka dilakukan renovasi. Renovasi dilakukan guna menambah daya tarik atau tampilan dari cafe itu sendiri. Gedung tersebut akan diubah menjadi lebih menarik dan membuat nuansa dalam cafe tersebut lebih nyaman agar pelanggan betah untuk berlama-lama di cafe tersebut. Perlengkapan yang digunakan untuk bisnis cafe ini semuanya baru, mulai dari meja dan kursi yang digunakan, sehingga keadaan dari perlengkapan tersebut dapat dikatakan masih bagus.
6.4 Keadaan Mesin dan Perlengkapannya
Semua mesin dan perlengkapan yang digunakan dalam cafe ini adalah baru. Sehingga keadaannya masih sangat bagus. Kami memilih mesin-mesin dengan kualitas yang baik dan modern agar pengunjung merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan oleh cafe kami.
6.5 Sumber Bahan Baku
Bahan baku adalah bahan yang dibutuhkan untuk dapat membuat sebuah makanan dan minuman yang dapat disajikan dan dihidangkan kepada para pelanggan. Bahan-bahan yang digunakan berupa coklat, buah, susu, kopi, cream, sirup, gula, kentang, roti tawar, daging, roti burger, selada, bawang bombay, saos, keju dan astor. Kemudian ditambah dengan bumbu yang digunakan untuk menambah cita rasa dari makanan yang disajikan. Bahan-bahan tersebut mudah ditemukan di pasar, sehingga ketersediaannya terjamin dan keberlanjutannya juga terjamin. Keberadaan bahan baku yang banyak dijumpai dimanapun membuat kami yakin bahwa bisnis ini akan berjalan dengan baik. Hal ini disebabkan karena adanya jaminan bahan baku yang digunakan sehingga untuk kekurangan masalah bahan baku tidak akan terjadi dan kita akan terus bisa memuaskan pelanggan dengan hidangan yang disajikan dengan pelayanan yang baik. Tentunya tidak lupa kami menyajikan makanan dan minuman dengan kualitas yang baik agar memuaskan konsumen.
6.6 Peralatan
Jenis peralatan yang digunakan dalam proses produksi makanan dan minuman adalah dengan menggunakan peralatan modern yang canggih sehingga untuk pelayanannya menjadi lebih cepat. Pelayanan yang cepat tentunya akan membuat pelanggan merasa puas dengan pelayanan yang diberikan oleh cafe kami. Peralatan yang digunakan dapat berupa kompor dan gas, lemari es, alat pemanggang roti dan burger, blender, dan penggorengan. Kemudian barang yang digunakan untuk penyajian adalah piring, mangkuk, sendok, gelas, garpu, pisau, sedotan, dan cangkir.






BAB VII
RENCANA PEMASARAN
7.1 Potensi dan Segmentasi Pasar
Dalam hal ini pembuatan Delapan Cafe memiliki potensi pasar yang menjanjikan jika mengingat bahwa di daerah tersebut belum ada cafe sehingga dapat dipastikan bahwa akan banyak pengunjung yang datang karena tertarik dan penasaran. Selain itu menu yang disajikan juga sangat bervariasi sehingga pengunjung tidak akan cepat bosan. Dari segi rasa, hidangan yang ditampilkan tidak akan kalah enaknya dengan cafe-cafe yang ada di kota-kota besar meskipun tempatnya lebih sederhana. Tidak hanya itu, usaha cafe ini juga menyediakan hot-spot gratis bagi para pelanggan yang memesan makanan dan minuman dan hal ini akan menambah kenyamanan para pelanggan. Beberapa hal yang membuat cafe ini menjanjikan di pasaran ditinjau dari beberapa hal, yaitu :
7.1.2 Harga
Harga yang kami tawarkan sangatlah terjangkau. Harga-harga makanan dan minuman yang ada pada “Delapan Cafe” ini termasuk murah dan dapat dijangkau bagi semua kalangan.
7.1.3 Waktu
Bahan dasar yang digunakan dapat diperoleh dengan mudah karena tersedia di pasaran sehingga dalam pembelian bahan baku kami tidak akan mengalami kesulitan. Selain itu minuman dingin dan masis yang disajikan di cafe kami sangatlah cocok untuk iklim dan cuaca yang ada di Indonesia, karena minuman yang dingin menjadi favorit bagi banyak orang. Untuk minuman yang panas dapat dihidangkan pada malam hari ketika udara menjadi lebih dingin jika dibandingkan dengan siang hari. Sehingga dapat dikatakan bahwa cafe yang kami buat dapat buka di siang hari dan di malam hari.
7.1.4 Penampilan Fisik
Melihat penampilan penyajian pada makanan dan minuman yang dihidangkan, tentunya kami sangat yakin bahwa hal itu akan menarik banyak konsumen dari berbagai kalangan karena tampilan dari penyajiannya yang unik.
7.1.5 Rasa
Dari segi rasa, makanan dan minuman yang dibuat di cafe kami tidak kalah dengan makanan dan minuman yang dibuat di cafe-cafe besar di kota-kota sana. Selain itu kami tidak menggunakan bahan kimia berbahaya yang dapat membahayakan kesehatan konsumen.
7.2 Penetapan Harga
Minuman :
Black coffe                                   Rp 5.000,00
Moccachino (es/panas)                 Rp 7.000,00
Vannila latte (es/panas)                Rp 7.000,00
Cappucino (es/panas)                    Rp 7.000,00
Coklat (es/panas)                          Rp 7.000,00
Coklat Caramel (es/panas)            Rp 8.000,00
Coklat Buah (es/panas)                 Rp 8.000,00
Coklat Susu (es/panas)                 Rp 8.000,00
Coklat Float                                  Rp 9.000,00
Coklat Astor                                 Rp 8.000,00
Teh (es/panas)                               Rp 2.500,00
Teh Susu (es/panas)                      Rp 3.000,00
Jeruk (es/panas)                            Rp 3.000,00
Lemon tea (es/panas)                    Rp 3.000,00
Sirup (es/panas)                            Rp 3.000,00
Jus Buah                                       Rp 7.000,00    +float = Rp 9.000,00
Es Timun                                      Rp 4.000,00
Makanan :
Kentang goreng                            Rp 7.000,00
Nugget                                          Rp 7.000,00
Roti bakar                                     Rp 8.000,00
Burger                                           Rp 11.000,00
Mie goreng/kuah                           Rp 7.000,00
7.3 Pelaksanaan Distribusi
Kami hanya melakukan distribusi makanan dan minuman di tempat lokasi cafe ini berada, shingga tidak melayani makanan dan minuman yang pesan antar. Meskipun demikian tetapi kami masih melayani makanan dan minuman yang dibungkus atau dikemas untuk dibawa pulang.
7.4 Strategi Pemasaran
Strategi pemasaran yang digunakan adalah mempertimbangkan aspek 4P, yaitu:
1.      Place : Tempat yang digunakan untuk usaha cafe cukup strategis sehingga mempermudah dalam hal penjualan dan menarik minat orang-orang. Selain tempatnya yang strategis, tempat ini juga banyak dilalui kendaraan-kendaraan sehingga cafe ini pun akan lebih mudah dikenal lingkungan dan dapat digunakan sebagai tempat untuk istirahat sembari mencicipi makanan dan minuman yang ada.
2.      Promotion : Untuk mempromosikan cafe ini kami menggunakan beberapa cara. Cara-cara tersebut sudah kami terangkan di atas pada media promosi yang kami gunakan. Dengan penggunaan media-media tersebut kami yakin bahwa hal itu akan mempercepat masyarakat untuk mengetahui keberadaan cafe tersebut.
3.      Price : Harga untuk setiap makanan dan minuman yang kami sajikan relative murah dan terjangkau untuk semua kalangan. Kemudian ditambah dengan adanya fasilitas-fasilitas gratis yang mendukung sehingga harga yang kami tawarkan termasuk kategori yang murah, serta kami tidak membatasi jumlah pembelian dari pelanggan untuk dapat menikmati hot-spot yang telah kami sediakan.
4.      Product : Penyajian makanan yang menarik akan menambah minat para konsumen untuk mencoba dan terus datang ke sini. Ditambah dengan rasa dan kualitas yang dijamin kelezatannya.
7.5 Media Promosi
Untuk mencapai target penjualan yang maksimum, kami memiliki beberapa strategi promosi diantaranya dapat dilakukan melalui :
1.      Media Promosi melalui social network seperti facebook, twitter dan blackberry messanger. Mengingat bahwa sebagian besar penduduk Indonesia memiliki akun di beberapa jejaring social, maka diperkirakan akan ada banyak masyarakat yang melihat iklan tersebut dan tertarik untuk mengunjungi cafe ini.
2.      Media Promosi secara langsung. Strategi promosi seperti ini bertujuan untuk memperkenalkan secara langsung mengenai “Delapan Cafe” terhadap masyarakat. Target utama dalam media promosi ini adalah pelajar di SMA/SMK di daerah Gombong dan mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Gombong serta para mahasiswa di daerah sekitarnya. Strategi awal kami adalah dengan membuat festival music yang akan menarik minat para pengunjung untuk datang yang kemudian akan diselingi dengan promosi dan pengenalan cafe itu sendiri.
3.      Media promosi via brosur. Untuk mempromosikan usaha cafe ini kami juga akan menyediakan brosur yang berisi tentang menu hidangan yang disajikan. Serta kami juga menambahkan fasilitas-fasilitas yang bisa didapatkan seperti adanya hot-spot dan tidak lupa untuk menyertakan alamat serta nomer telepon agar bisa dihubungi oleh pelanggan yang ingin memesan tempat. Brosur tersebut ditempelkan di tempat-tempat umum yang strategis dan juga ditempel di kantin-kantin sekolah atau kantin kampus yang ada di sekitar tempat berdirinya cafe tersebut.
7.6 Pengembangan Produk
Minuman dan makanan yang disajikan memang banyak dijumpai diberbagai tempat karena keberadaan bahan bakunya sangat banyak ditemukan dipasaran. Namun kami memberikan inovasi yang baru pada salah satu menu coklat yang disajikan, yaitu dengan menambahkan sari buah agar rasa coklatnya memiliki perpaduan dengan buah. Dengan adanya coklat buah diharapkan akan menambah variasi rasa dari minuman coklat itu sendiri.

BAB VIII
PERENCANAAN ORGANISASI
8.1 Bentuk Kepemilikan dan Struktur Organisasi
Pemilik                                                      : Novita Kurniawati
Struktur Organisasinya terdiri dari :
Bagian Keuangan                                     : Wahyu Yuli Astuti
Bagian Produksi                                       : Bella Narlita
Bagian Dapur (Chief)                               : Kukuh Hartanto
Ali Mustofa
Bagian Pelayanan Konsumen                   : -Eti Kustanti
                                                                    -Dwi Puji Rahayu
                                                                    -Deny Setyanto
                                                                          -Harming Agustam
8.2 Uraian tentang Kekuasaan
Kedudukan tertinggi dalam bisnis usaha cafe ini adalah berada di tangan pemilik. Hal ini dikarenakan pemilik mempunyai kekuasaan penuh terhadap segala sesuatu yang ada dalam cafe ini. Oleh sebab itu pemilik lah yang mangawasi jalannya kegiatan dalam bisnis ini dan pemilik lah yang dapat membuat keputusan dari semua permasalahan yang terjadi. Namun pemilik memberikan tanggung jawab kepada semua karyawan sesuai dengan bagiannya masing-masing.
8.3 Peranan dan Tanggung Jawab Personalia dalam organisasi
Pemilik bertugas sebagai pengawas jalannya sebuah cafe. Pemilik harus terus memantau perkembangan dari cafe itu sendiri dan memantau kinerja dari masing-masing pegawai yang bekerja.
Bagian Keuangan bertugas sebagai penjaga kasir dan bertugas juga untuk membuat pembukuan dari bisnis yang dijalankan.
Bagian Produksi bertugas untuk memeriksa bahan baku, persediaan, produksi dan peralatan yang digunakan apakah masih cukup atau masih layak pakai atau tidak. Bagian produksi jugalah yang akan menyediakan atau mencari bahan baku ketika bahan bakunya habis.
Bagian Dapur bertugas sebagai pembuat dari makanan dan minuman yang disajikan kepada para konsumen.
Bagian Pelayanan Konsumen bertugas untuk melayani semua kebutuhan konsumen dan disamping itu merangkap sebagai petugas kebersihan yang membersihkan meja-meja yang sudah kosong.
8.4 Operasional
Dalam menjalankan usaha Delapan Cafe, kami menggunakan prinsip 2S yaitu “Senyum Sapa”. Hal yang paling disukai dari pengunjung adalah pelayanan yang ramah dari para pegawai. Oleh sebab itu kami mewajibkan semua karyawan untuk menggunakan prinsip tersebut. Yang pertama adalah berikan senyuman tulus ikhlas kepada pengunjung yang datang, agar mereka merasa disambut dengan baik. Kedua adalah dengan memberikan sapaan seperti “Selamat Sore” atau “Selamat Malam”. Kemudian dalam bekerja diterapkan prinsip “AIR”. AIR di sini adalah singkatan dari Agama, Inovatif dan Rajin. Cara agar kita dapat mencapai kesuksesan dalam usaha adalah dengan agama. Maksudnya adalah dalam melakukan kegiatan usaha kita harus tetap senantiasa ingat kepada Allah sehingga kita diharuskan untuk berdoa sebelum menjalankan segala aktivitas di cafe. Doa merupakan kunci keberhasilan apabila dibarengi dengan usaha. Dengan mengingat Allah maka kegiatan usaha yang dijalankan akan lancar. Kedua, dalam mencapai sebuah kesuksesan juga diperlukan adanya inovatif. Inofatif diperlukan sebagai daya tarik untuk pelanggan. Inovatif tersebut dapat berupa penciptaan produk baru atau cara penyajian yang baru dari suatu makanan atau minuman yang disajikan. Yang terakhir adalah rajin. Untuk membuat usaha tetap bisa berjalan dengan baik maka diperlukan sikap rajin pada diri pegawainya. Maksud rajin disini adalah rajin dalam bekerja, misalnya dengan datang tepat waktu. Ketiga hal tersebut dapat membuat sebuah usaha yang dijalankan menuju jalan kesuksesan.



BAB IX
RESIKO
9.1 Evaluasi tentang Resiko Bisnis
Dalam menjalankan kegiatan pembangunan dan pengembangan usaha tentunya akan menghadapi bebrapa resiko yang dapat mempengaruhi hasil usahanya apabila tidak diantisipasi dan dipersiapkan penangannya. Dampak dan resiko yang dapat terjadi adalah kurangnya keinginan masyarakat untuk mencoba tempat-tempat baru. Dampak yang lain adalah kurangnya respon masyarakat. Apabila respon masyarakat kurang baik, maka resiko yang bisa terjadi adalah perusahaan mengalami kebangkrutan karena tidak adanya pemasukan atau karena rendahnya pemasukan. Untuk mengatasi resiko tersebut harus digunakan strategi pemasaran yang baik agar hal itu tidak terjadi. Pemasaran yang baik akan mengundang respon positif dari masyarakat itu sendiri. Dalam menjalankan usaha semuanya pasti ada dampak dan resiko yang bisa terjadi.
















BAB X
PERENCANAAN KEUANGAN
10.1 Sumber Pendanaan
Sumber pendanaan yang digunakan untuk membuat cafe ini diperoleh dari dana  pribadi yang kemudian ditambahkan dengan tabungan yang dimiliki serta sisanya meminjam di bank.
10.2 Penggunaan Modal
Bahan Baku Makanan dan Minuman
Coklat                                                                 Rp 500.000,00
Buah                                                                   Rp 400.000,00
Susu                                                                    Rp 400.000,00
Kopi                                                                    Rp 600.000,00
Cream                                                                 Rp 400.000,00
Sirup                                                                   Rp 400.000,00
Gula                                                                    Rp 300.000,00
Kentang                                                              Rp 500.000,00
Roti tawar                                                           Rp 250.000,00
Roti burger                                                         Rp 400.000,00
Daging                                                                Rp 750.000,00
Astor                                                                   Rp 100.000,00
Keju                                                                    Rp 300.000,00
Sele Roti                                                             Rp 300.000,00
Saos Tomat                                                         Rp 150.000,00
Saos Sambal                                                       Rp 150.000,00
Bawang bombay+timun+selada                         Rp 300.000,00
Es Batu                                                               Rp 30.000,00
Bumbu dan bahan-bahan pendukung lainnya    Rp 500.000,00
TOTAL                                                               Rp6.730.000,00
Biaya Peralatan :
Perkakas Dapur                                                  Rp 500.000,00
Pemanggang Burger dan Roti Bakar                  Rp 2.000.000,00
Blender (2 buah)                                                 Rp 1.000.000,00
Kompor Gas                                                       Rp 800.000,00
Piring                                                                  Rp 300.000,00
Gelas                                                                   Rp 400.000,00
Sendok+garpu+pisau makan                              Rp 200.000,00
TOTAL                                                               Rp 5.200.000,00
Properti :
Biaya Promosi                                                    Rp 100.000,00
Biaya Renovasi                                                   Rp 10.000.000,00
TOTAL                                                               Rp 10.100.000,00
Biaya Fasilitas Wifi                                            Rp 500.000,00
Gaji Pegawai                                                      Rp 10.000.000,00
Biaya Listrik/Air dan Telepon                            Rp 500.000,00
Transportasi                                                        Rp 100.000,00
Sewa tempat                                                       Rp 1.000.000,00
Wifi                                                                    Rp 500.000,00
TOTAL                                                               Rp 12.600.000,00
Biaya Peralatan dan pendukung :
Sopa 2 set                                                           Rp 10.000.000,00
Meja 15                                                               Rp 10.000.000,00
Kursi 60                                                              Rp 30.000.000,00
Meja Kasir dan Lemari 1 set                              Rp 5.000.000,00
TOTAL                                                               Rp 55.000.000,00
Penyusutan Peralatan selama 1 tahun 1/12 bulan x Rp 50.200.000
= Rp 4.185.000,00
Total biaya keseluruhan :                                    Rp 93.815.000,00
Biaya Pengeluaran tiap bulan                             Rp 19.330.000,00
10.3 Pemasukan
Jumlah pemasukan perbulan (dikali 30 hari)
Black coffe                     (7) Rp 5.000,00           = Rp 1.050.000
Moccachino (es/panas)   (5) Rp 7.000,00           = Rp 1.050.000
Vannila latte (es/panas)  (5) Rp 7.000,00           = Rp 1.050.000
Cappucino (es/panas)      (7) Rp 7.000,00           = Rp 1.470.000
Coklat (es/panas)            (10) Rp 7.000,00         = Rp 2.100.000
Coklat Caramel (es/panas)(5) Rp 8.000,00         = Rp 1.200.000
Coklat Buah (es/panas)   (5) Rp 8.000,00           = Rp 1.200.000
Coklat Susu (es/panas)   (5) Rp 8.000,00           = Rp 1.200.000
Coklat Float                    (5) Rp 9.000,00           = Rp 1.350.000
Coklat Astor                   (5) Rp 8.000,00           = Rp 1.200.000
Teh (es/panas)                 (15) Rp 2.500,00         = Rp 1.125.000
Teh Susu (es/panas)        (8) Rp 3.000,00           = Rp 720.000
Jeruk (es/panas)              (13) Rp 3.000,00         = Rp 1.170.000
Lemon tea (es/panas)      (7) Rp 3.000,00           = Rp 630.000
Sirup (es/panas)              (5) Rp 3.000,00           = Rp 450.000
Jus Buah                         (8) Rp 7.000,00           = Rp 1.680.000
+float                       (10) Rp 9.000,00         = Rp 2.700.000
Es Timun                        (5) Rp 4.000,00           = Rp 600.000
Makanan :
Kentang goreng              (12) Rp 7.000,00         = Rp 2.520.000
Nugget                            (5) Rp 7.000,00           = Rp Rp 1.050.000
Roti bakar                       (10) Rp 8.000,00         = Rp 2.400.000
Burger                             (5) Rp 11.000,00         = Rp 1.650.000
Mie goreng/kuah             (8) Rp 7.000,00           = Rp 1.680.000
JUMLAH TOTAL                                             = Rp 31.245.000,00
Laba Bersih perbulan adalah Rp 31.245.000-Rp 19.330.000 = Rp 11.915.000
Sehingga untuk dapat mengembalikan modal yang digunakan diperlukan waktu 8 bulan. Setelah bulan ke 8 maka akan didapatkan laba bersihnya. Dan apabila dalam bulan pertama kita dapat meningkatkan pdoduktivitas penjualan maka dapat diperkirakan sebelum bulan ke 8 kami sudah balik modal.
10.4 Studi Kelayakan
10.4.1 Aspek Ekonomi
Ditinjau dari aspek ekonomi, pendirian cafe ini akan berjalan dengan baik karena harga yang akan ditawarkan sangatlah terjangkau bagi semua kalangan apalagi jika dilihat dari fasilitas yang kami tawarkan.
10.4.2 Hukum
Untuk dapet membangun sebuah cafe kami harus mempunyai izin terlebih dahulu agar nantinya tidak terjadi masalah-masalah dibelakang. Untuk mendapatkan perizinan hukum maka langkah yang harus kami lakukan adalah mengurus Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Selanjutnya adalah dilengkapi dengan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) yang diajukan di dinas perizinan, baik kecamatan, kabupaten maupun provinsi. Ketika semua langkah-langkah tersebut telah kami laksanakan maka kami bisa membuka cafe tersebut.
10.4.3 Pasar dan Lokasi
Pembuatan cafe ini berada di tengah kota Gombong yang tempatnya cukup strategis untuk pembuatan sebuah cafe. Selain itu sedikitnya pesaing yang ada di daerah ini membuat kami yakin bahwa cafe ini bisa menjadi salah satu cafe yang terkenal di daerah tersebut. Selain itu tempatnya yang berada dipinggir jalan membuat pembeli dapat dengan mudah menemukan cafe ini.
10.4.4 Sarana dan Prasarana
Kami memanfaatkan berbagai macam media sosial seperti facebook, twitter dan lain sebagainya sebagai media yang dapat digunakan untuk memperkenalkan cafe ini. Brosur-brosur yang disebar juga telah dilengkapi dengan alamat atau lokasi dari cafe itu sendiri. Serta sarana prasarana lain sudah lengkap sehingga pelanggan tidak akan merasa kecewa dan akan merasa puas.
10.4.5 Sumber Daya Manusia
Untuk usaha awal sumber daya manusia yang tersedia terdiri dari 8 orang yang bertanggung jawab sebagai bagian keuangan, bagian pemasaran, kasir dan kayawan. Setiap sumberdaya yang kami miliki mempunyai keahlian dibidangnya masing-masing sehingga dapat menjaga kualitas dari makanan dan minuman yang disajikan. Selain itu cafe kami akan memberikan pelayanan yang baik kepada konsumen dan akan mampu bersaing di pasaran.
10.5 Analisis SWOT
10.5.1 Strength (Kekuatan)
Harga makanan dan minuman yang disajikan murah sehingga terjangkau oleh semua kalangan. Menu yang disajikan juga menarik dan jarang ditemukan di daerah ini sehingga akan membuat pelanggan menjadi penasaran dan tertarik untuk datang dan menikmati menu yang disediakan. Adanya fasilitas hot-spot gratis bagi semua pelanggan yang membeli di cafe kami dan fasilitas tersebut tidak tergantung pada banyaknya makanan dan minuman yang di pesan, sehingga semua pengunjung akan menikmati fasilitas yang sama antara satu dengan yang lain.
10.5.2 Weakness (Kelemahan)
Belum memiliki cukup penglaman. Pengalaman yang miliki masih sangat minim sehingga ini menjadi suatu kelemahan yang harus diatasi.
Belum banyak dikenal oleh masyarakat. Hal ini dikarenakan cafe ini tergolong baru sehingga masih sedikit masyarakat yang tau tentang keberadaan cafe ini.
10.5.3 Opportunities (Peluang)
Belum adanya pesaing di sekitar area usaha. Di daerah ini masih sangat jarang ditemukan cafe yang hanya menyediakan makanan ringan serta minuman yang berbahan baku coklat, sehingga bisnis usaha ini akan sangat menguntungkan.
Banyaknya konsumen. Banyaknya konsumen kalangan remaja yang ada di daerah ini dan kebanyakan remaja menyukai coklat. Karena coklat dapat meringankan beban pikiran yang ada dalam diri kita.
Tempat usaha yang strategis. Tempat usaha yang berada di pinggir jalan dan banyak dilalui oleh berbagai macam kendaraan serta berada di sekitar sekolahan sehingga memungkinkan masyarakat untuk mudah dikenal oleh kalangan masyarakat.
10.5.4 Threats (Ancaman)
Salah satu bentuk ancaman yang dikhawatirkan bisa terjadi adanya keacuhan konsumen. Terkadang masyarakat pada umumnya kurang tertarik dengan tempat-tempat baru seperti cafe.selain itu dikhawatirkan usaha yang didirikan ini akan kurang diminati oleh kalangan masyarakat.
10.6 Sistem Pembayaran
Sistem pembayaran yang dilakukan pengunjung hanya dengan menggunakan uang tunai dan tidak menerima pembayaran dengan kartu kredit. Hal ini dikarenakan tidak adanya mesin yang digunakan untuk transaksi kartu kredit dan kebanyakan orang di Gombong belum menggunakan kartu kredit untuk membayar berbagai macam transaksi.
















Tidak ada komentar:

Posting Komentar